ENGLISH EDUCATION SD AL AZHAR 1

Selasa, 10 Januari 2023

MATERI AJAR BAHASA INGGRIS KELAS 5/ Kamis 12 JANUARI 2023

 

Kelas : V a, b, c

KD : Memahami Instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.

Indikator : Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

 

Tujuan Pembelajaran :

 Peserta didik mampu menunjukan kesungguhan belajar grammer focus dan tense present continuous tense. .

- Peserta didik mampu menunjukkan perilaku yang santun dan percaya diri dalam mengerjakan tugas.


Baiklah anak sholeh dan sholiha, sebelum kita memulai pembelajaran hari ini alangkah baiknya jika kita berdoa terlebih dahulu, agar proses belajar mengajar di hari ini dapat dipermudah dan diterima oleh fikiran kita aamiin.

 

Hello everyone….

How are you today ?

Insya allah kabar nya baik-baik semua ya nak.

Siapa hari ini yang tidak hadir ?

Yang tidak hadir kita doakan semoga urusan nya dipermudah oleh Allah swt dan yang tidak hadir karena sakit semoga penyakitnya diangkat oleh Allah swt sehingga dapat kembali beraktifitas aamiin.

Anak sholeh dan sholiha, setelah  minggu kemarin kita sudah mempelajari macam – macam pola hidup sehat, untuk materi hari ini kalian akan mempelajari penggunaan Has/Have serta Feel/Feels dalam Present  continuous tense. 

Anak sholeh dan sholiha masih ada yang inget dengan subject I, You, We, They atau untuk lebih mudahnya kalian ingat yaitu I, You, They, We (AYUDEWI) Jika kalian masih ingat Alhamdulillah namun jika diantara kalian masih ada yang lupa ayo perhatikan dengan sungguh  sungguh pembelajaran bahasa inggris hari ini

(15 menit )



Okay seperti yang Ms Fitri bilang tadi di awal kita akan mempelajari Has/Have, Feel/ Feels  present continuous tense.

Anak sholih dan sholiha dapat membedakan have dan has dari jenis subjeknya. Catat, have berlaku untuk subjek I, you, wethey, sedangkan has berlaku untuk subjek he, she, it.

Untuk lebih jelasnya, I, you, we adalah kata ganti orang pertama dan kedua. Sementara itu, they adalah third person plural pronouns (kata ganti orang ketiga jamak). Dan have juga berlaku untuk subjek dengan plural nouns (kata benda jamak).

Jika  he/she/it adalah third person singular pronouns (kata ganti orang ketiga tunggal). Lalu, has bisa pula kamu gunakan untuk singular nouns (kata benda tunggal). Sesuai definisi tersebut, bisa kita simpulkan bahwa has berlaku untuk laki-laki (he) dan perempuan (she).

Apa Gunanya Has dan Have?

Jika anak sholih dan sholiha  berpikir bahwa perbedaan has/have hanyalah dilihat dari subjek, artinya kalian keliru. Karena, banyak fungsi lain dari has dan have yang bisa kalian jadikan sebagai patokan.

Begitupula untuk Feel dan Feels

Feel digunakan untuk subjek I, You, They, We

Feels digunakan untuk subjek He, She, It
contohnya:
- I feel hot today
- Lina feels hot today

Present continuous tense

Present continuous tense adalah bentuk tense yang dapat kalian gunakan untuk menjelaskan sesuatu atau menyatakan aksi yang sedang berlangsung selama waktu tertentu pada masa sekarang (present).

Salah satu contoh kalimat yang sudah pernah bahas di awal, kalau dalam bahasa Indonesia, tenses ini dipakai untuk menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan, biasa ditandai dengan kata “lagi” atau “sedang”. Bentuk ini menunjukkan bahwa aksi tersebut terjadi sebelum (begins before), selama (is in progress at the present), dan berlanjut setelah (continues after) waktu atau aksi lainnya. 

 

Rumus present continuous tense

Setiap jenis tenses nggak akan lepas dari rumus. Kali ini, yang menjadi ciri khas dari present continuous tense adalah penambahan -ing di akhir kata kerja.




setelah kalian memperhatikan penjelasan di atas, sekarang silahkan kalian mengerjakan tugas yang ada dalam modul bahasa inggris.

(40 menit)

 

Bagaimana pembelajaran bahasa inggris hari ini ???

menyenangkan bukan, mudah juga bukan.

subject yang dipakai untuk Has/Have ??

Dan apa rumus present continuous tense ??

Baiklah sampai disini dulu pembelajaran bahasa inggris mengenai Has/Have, Feel/Feels & Present continuous Tense  dan sampai jumpa di pembelajaran bahasa inggris yang akan datang.

(15 menit )












Tidak ada komentar:

Posting Komentar