ENGLISH EDUCATION SD AL AZHAR 1

Senin, 22 September 2025

MATERI BAHASA INGGRIS NUMBER & PRICE KELAS 5

 Hari/ Tanggal    : Selasa, 23 September 2025

Materi                : Number & Price

Kelas                  : V (Lima)


Capaian Pembelajaran:

Kemampuan memahami informasi yang didengar, mengapresiasi lawan bicara, dan menanggapi secara relevan dan kontekstual. Kemampuan menyimak memengaruhi komunikasi lisan peserta didik dalam menyampaikan gagasan, pikiran, serta perasaan secara lisan dalam interaksi sosial.

Tujuan pembelajaran : 

peserta didik mampu merespon dan menulis kalimat tentang angka terkait harga makanan dan minuman dengan tepat dan benar..


Alhamdulillah, the blessing and praises belong to Allah SWT and our prophet Muhammad SAW who will always be followed for his sunnah.

Seperti biasa, before we start the lesson, don't forget to:

1. Say bismillah

2. Perform Dhuha prayer 

3. Read the Holy Qur'an.

In the previous meeting, we learned about Number & price You all did a great job with the practice.


📂 Materi Pokok

  1. Kosakata tentang makanan dan minuman

    • rice, chicken, bread, milk, juice, noodles, soup, ice cream, etc.

  2. Kosakata harga (numbers & prices)

    • Rp10.000 (ten thousand rupiahs), Rp5.500 (five thousand five hundred rupiahs), Rp25.000 (twenty-five thousand rupiahs).

  3. Ungkapan untuk survei (Survey Expressions)

    • “What food do you like?”

    • “How much is it?”

    • “My favorite food is ___.”

    • “It costs ___ rupiahs.”

  4. Membuat poster

    • Menuliskan hasil survei dalam bentuk tabel sederhana.

    • Menambahkan gambar makanan/minuman.

    • Memberi judul poster, misalnya: “Favorite Foods and Prices in Our Class”.

🧩 Model Pembelajaran: Cooperative Learning (Think-Pair-Share)

1. Think (Berpikir)

  • Guru menunjukkan contoh menu makanan/minuman beserta harga.

  • Siswa diminta berpikir sendiri: makanan/minuman favorit mereka dan harganya.

2. Pair (Berpasangan)

  • Siswa berpasangan untuk melakukan mini survey: saling bertanya “What food do you like? How much is it?”.

  • Mereka mencatat jawaban temannya.

3. Share (Berbagi)

  • Pasangan siswa bergabung dengan kelompok (4–5 orang).

  • Mereka mengumpulkan hasil survei kelompok.

  • Bersama-sama membuat poster sederhana berisi daftar makanan favorit teman-teman serta harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar