ENGLISH EDUCATION SD AL AZHAR 1

Senin, 17 Februari 2025

MATERI & SOAL TIME KELAS 5

 Hari/ Tanggal               : Selasa, 18 Februari 2025

Materi                          : Time

Kelas                            : V (Lima)  


 

Tujuan Pembelajaran: 

  1.  Peserta didik dapat membaca, dan memahami materi mengenai waktu/ time 

  2.  Peserta didik mampu mengerjakan tugas mengenai waktu atau time. 

 

Media : Blogger,  LCD Proyektor 

 Metode: Ceramah dan tanya jawab

Sumber: Buku Modul,  Internet



                                      
                                                                            

Ok anak sholoih dan sholeha sebelum kita memulai pembelajaran hari ini baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar pelajaran yang akan dipelajari hari ini dapat diterima dengan mudah oleh fikiran kita aamiin.

Baik anak sholih dan sholiha setelah kemarin kalian belajar mengenai healthy habits dan hari ini kalian akan mempelajari materi time atau waktu.

Dalam materi ini sebelum ya kalian sudah pernah mempelajari waktu di kelas 3, 4 dan untuk di kelas 5 ini materi yang akan di pelajari yaitu pembagian waktu nya kemudian cara melihat waktu dalam bahsa inggris.




Perhatikan gambar dibawah ini :


Dalam membaca jam di awali dengan kalimat It's ....

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris 


1. O'Clock ( Tepat )
O'clock adalah cara mengungkapkan jam dalam bahasa Inggris yang bersifat formal. Istilah o’clock digunakan ketika jarum jam panjang merujuk pada angka 12.

Kalau dalam bahasa Indonesia, o’clock diartikan juga dengan ‘tepat’, alias tidak kurang atau tidak lebih. Means, tepat menunjukkan jam tertentu.

Cara membaca jam menggunakan o'clock akan diawali dengan jam yang dimaksud, lalu diakhiri dengan kata o'clock.

Misalnya jam menunjukkan pukul 08:00, maka kamu bisa membacanya dengan eight o'clock. Contoh lain, ketika jarum jam tepat di angka 21:00, cukup sebutkan twenty one o'clock.

Selain itu, kalau kamu sudah menggunakan AM atau PM, maka tidak perlu lagi menambahkan o'clock di belakangnya. Contoh, 04:00 AM dibaca denga four AM saja sudah cukup, tidak usah menjadi four AM o'clock



2. Past ( Lebih )
 
Satu jam terdiri dari 60 menit. Nahdari 1 sampai dengan 30 menit, kamu dapat menggunakan istilah past contoh:  04:10 ( it is ten past four ), 08: 20 ( it is twenty past eight )

Rumus menggunakan "past" untuk membaca jam dalam bahasa Inggris adalah, kamu harus menyebutkan menit di awal (contoh: 1 s.d 29) dan jam di akhir ya



3. To ( Kurang )

Berbeda dengan past dan after, dari 31 sampai dengan 59, kamu dapat menggunakan istilah to. Dalam membaca waktu, to memiliki arti yang merupakan kebalikan dari “lebih” yaitu “kurang”.

Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 11:40, kamu dapat mengatakan: It's twenty to twelve atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “pukul 12 kurang 20 menit.” 


4. A QUARTER past dan Quarter to ( Seperempat )  

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu jam terdiri dari 60 menit. Pertama, a quarter memiliki arti seperempat jam atau “15 menit”, tepatnya ketika jarum panjang menunjuk angka 3.

Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 10:15, kamu dapat mengatakan: Quarter past ten atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 10 lewat 15 menit.”


5. HALF PAST ( Setengah )

Kedua, a half artinya setengah atau dari satu jam sama dengan setengah jam atau “30 menit” atau “lewat 30 menit.” Contohnya, ketika kamu ingin memberitahu bahwa waktu menunjukkan pukul 6:30, kamu dapat mengatakan Half past six” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pukul 6 lewat 30 menit.”

 Setelah melihat penjelasan mengenai waktu diatas. sekarang tugas kalian mengerjakan tugas di modul bahaha inggris.



Baiklah anak sholeh dan sholeha setelah kalian mempelajari waktu dalam bahasa inggris, jadi dirumah kalian dapat menggunkan cara pengucapan waktu dalam bahasa inggris ya agar kalian terbiasa dan ingat dengan pembelajaran mengenai waktu di hari ini. sehingga ketika ujian kalian sudah terbiasa.

Sampai berjumpa lagi di pembelajaran bahasa inggris selanjutnya.



Kesimpulan

Dari 25 peserta didik sudah memahami materi time dalam dengan baik dan benar , namun ada 1 peserta didik yang belum mampu membaca jam dalam bahasa inggris dengan baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar